GUGUS TUGAS COVID-19 TOBA RAPID TEST KELUARGA DAN ORANG DEKAT PASIEN POSITIF CORONA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

GUGUS TUGAS COVID-19 TOBA RAPID TEST KELUARGA DAN ORANG DEKAT PASIEN POSITIF CORONA

Redaksi
Jumat, 03 Juli 2020
GUGUS TUGAS COVID-19 TOBA RAPID TEST KELUARGA DAN ORANG DEKAT PASIEN POSITIF CORONA

GlobalInvestigasiNews.Com - Kabupaten Toba Sumatera Utara

Mendapat pemberitahuan dari dinas  Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bahwa ada seorang warga Toba terkonfirmasi positif Corona, satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 langsung bergerak melakukan penelusuran terhadap keluarga maupun orang dekat atau yang pernah berkontak langsung dengan pasien positif corona itu.

Jurubicara Gugus Tugas Covid-19 Toba, Lalo Simanjuntak mengatakan,sebagai langkah awal keluarga pasien perlu diperiksa rapid test termasuk orang -orang yang pernah melakukan kontak perlu diperiksa untuk memastikan kesehatannya. 

"Setelah resmi kita dapat laporan dari dinas kesehatan provinsi per tanggal 1 Juli 2020 kita langsung periksa keluarga dan orang -orang yang kontak dengan pasien, " ujar lalo  saat konfrensi pers di Posko Gugus Tugas Kab.Toba di Balige (Kamis 2 Juli 2020).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Toba itu ,pihak gugus tugas sudah menugaskan petugas kerumah pasien untuk menelusuri masyarakat yang pernah kontak langsung dengan pasien, sebab orang dekat dan yang melakukan kontak langsung berpotensi menyebabkan terjadinya penyebaran. 

Kepala Dinas Kesehatan dr.Juliwan Hutapea menjelaskan bahwa pasien saat ini dirawat di RSUP. H.Adam Malik Medan dan kondisinya semakin membaik. 

" Pasien inisial RN (74) warga Balige Dirawat Di Medan RSUP. H.Adam Malik,melalui telpon dengan keluarganya keadaan ibu itu semakin membaik, kita doakan semoga bisa sembuh " kata Juliwan.

Selanjutnya Juliwan Mengungkapkan sejauh ini gugus tugas telah melakukan penelusuran dan telah melakukan rapid test pada 23 orang dan hasilnya  non reaktif .

Kepala Puskesmas Tandang Buhit Balige dr. Freddy Sibarani yang langsung  terlibat melakukan rapid test pada keluarga pasien mengatakan hal yang sama " Kita sudah rapid test 23 orang dan hasilnya nonreaktif "kata Preddy. 

Dengan adanya kasus baru ini kemungkinan status Zona Hijau Kabupaten Toba yang baru beberapa hari diumumkan akan berobah ke Zona Kuning namun menurut Kadis Kesehatan Juliwan mengenai status itu gugus tugas pusat yang menentukan.

Data ter update Gugus Tugas Covid-19 Kab.Toba tertanggal 2 Juli 2020 

ODP per 1 Juli 2020 Nihil
PDP per 1 Juli 2020 Dua orang.

ODP per 2 Juli 2020 Nihil 
PDP per 2 Juli 2020 1 Orang dan terkonfirmasi Positif 1 Orang. 

Sumut :1601
Sembuh: 418
Meninggal :97. (Sdgs/bram).