Warga Prai Gunung di Prediksi Gagal Panen

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Warga Prai Gunung di Prediksi Gagal Panen

Redaksi
Kamis, 02 Juli 2020
MUSIM KEMARAU WARGA PRAI GUNUNG DI PREDIKSIKAN GAGAL PANEN

Jurang jaler - 2 juli 2020

Hujan yang tudak kunjung turun selama kurang dua bulan, lahan pertanian warga Prai Gunung Desa Jurang jaler Kecamatan Raya Tengah Kabupaten Lombok Tengah mengalami kekeringan.

Musim kemarau yang diperkirakan berkepanjangan menyebabkan petani gagal panen, salah seorang petani (Nurlailatun) "yang sangat mengharapkan hujan turun, karena besarnya modal yang dikeluarkan untuk biaya menanam padi".

Dia juga menuturkan "sulitnya mendapatkan air, bagaimana tidak gagal panen kalau airnya susah didapat"katanya.

Kekeringan akan menjadi bencana apabila gagal panen, karena bertani merupakan mata pencaharian utama warga. 

Minimnya air dari sumber irigasi dan kekeringan yang melanda beberapa wilayah ini juga menyebabkan petani geleng-geleng, sawah yang baru ditanam mulai mengering dan mati, areal yang sudah tidak ditanami mulai retak-retak hingga tidak dapat ditanami, sebagian petani menunda menggarap lahannya karena kesulitan mendapatkan air.

Puluhan hektar lahan pertanian terancam gagal panen, antisipasi petani menyirami padinya dengan diesel atau pompa air sejauh 500 meter, hal ini terpaksa dilakukan agar padi yang berumur rata-rata 3 minggu bisa diselamatkan, untuk melakukan penyiraman ini petani harus mengeluarkan biaya ekstra, membeli solar seharga puluhan ribu rupiah. 

Dari Prai Gunung Muhamad Sugianto Global investigasi News.com melaporkan