BanPres PUM, Rp 2,4 Jt Untuk UMKM Di Mesuji Diduga Tidak Tepat Sasaran -->
POPULER

BanPres PUM, Rp 2,4 Jt Untuk UMKM Di Mesuji Diduga Tidak Tepat Sasaran

Jumat, 28 Agustus 2020, 15.28 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter


BanPres PUM, Rp 2,4 Jt Untuk UMKM Di Mesuji Diduga Tidak Tepat Sasaran

Mesuji - Bantuan Presiden( Banpres) Produktif Usaha Mikro (PUM) berupa hibah modal kerja untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan nominal Rp.2,4 juta per orang  Yang merupakan program pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM di Era pandemi covid-19, Di duga tidak tepat sasaran, pasalnya bantuan yang seharusnya untuk pelaku Usaha yang ingin memulihkan ekonomi bagi usaha kecil malah diduga dinikmati oleh beberapa orang yang dinilai mampu dan sebagian malah bukan pelaku Usaha Mikro, Jumat (28/8).

(W) salah satu kepala desa di kecamatan tanjung raya saat ditemui mengatakan, bahwa pihaknya beberapa hari yang lalu sudah mendata para pelaku usaha kecil yang benar benar memiliki usaha untuk diusulkan mendapatkan Banpres, setelah beberapa hari kemudian ia mendapat kabar bahwa Banpres sudah cair akan tetapi yang mendapat kan Banpres tersebut salah satunya adalah masyarakat nya yang tidak masuk pendataan.

"Info yang saya dapatkan Untuk desa sini ada 11 orang yang mendapatkan Banpres tersebut, akan tetapi kesemuanya itu bukan data pelaku usaha yang diusulkan oleh desa, malahan ada yang bukan pelaku usaha dapat bantuan Banpres" kata (W) kepada media global investigasi news.com

(W) pun menjelaskan bahwa Didesa yang ia pimpin Ada 30 pelaku usaha kecil yang benar benar membutuhkan Banpres yang telah di usulkan agar mendapatkan bantuan tersebut, tapi sampai sekarang pelaku usaha yang diusulkan oleh desa Belum mendapatkan informasi, malahan pihaknya juga mendapatkan informasi dari beberapa warga nya bahwa, yang mendapatkan Banpres tersebut adalah hanya pihak nasabah Bank yang punya tabungan di bank tersebut.

" Kemaren ada salah satu teman saya yang mendapatkan Banpres bercerita kalau dia mendapatkan informasi dapat Banpres tersebut melalui notifikasi SMS dari Bank, padahal dia nggak mendaftar " ujarnya

Atas kejadian itu, lanjut (W) ,pada saat dalam pertemuan rapat di kecamatan masalah tersebut juga di bahas dan menurutnya kejadian seperti itu hampir semua terjadi di 21 desa di kecamatan tanjung raya.

"Hampir semua desa mengalami hal sama, Mengenai masalah bantuan yang dinilai tidak tepat sasaran tersebut Pak Camat dalam waktu dekat akan datang ke bank BRI untuk menanyakan hal itu" terang (w)

Sementara itu Kabid kopasi, UMKM kabupaten Mesuji Endra Oktafani  saat ditemui beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa, kreteria penerima bantuan Banpres adalah benar benar masyarakat yang mempunyai usaha, Banpres tersebut di gulirkan oleh presiden melalui kementerian untuk 12 juta pelaku usaha UMKM.
Info nya Dari kuwota 12 juta tersebut di plot plot, untuk 1 juta melalui Dinas dan yang 11 juta itu melalui lembaga penyalur seperti perbankan dll.

"Beberapa hari lalu kita mendapatkan informasi dari Bank bahwa di Mesuji ini untuk Banpres itu ada 420 orang yang sudah cair, melalui lembaga perbankan yaitu di Bank BRI nilainya Rp.2,4 juta," terang Endra

Untuk data calon penerima Banpres yang melalui Dinas, lanjut Endra, bahwa sebagian udah dikirim datanya ke pusat tapi sampai sekarang belum ada informasi cair.
Adapun Mengenai Data calon penerima manfaat Banpres untuk pelaku UMKM kita ambil dari pengajuan di desa melalui kecamatan, supaya BanPres tersebut benar benar tepat sasaran, dan bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro.

"Bantuan sebanyak itu nggak mungkin data datanya  bisa kita verifikasi semua karena memang keterbatasan personil di dinas, makanya kita serahkan desa untuk mengajukan masyarakat nya yang benar benar memiliki usaha, misal nanti ada temuan masalah, terkait penerima kita kembalikan kedesa karena itu usulan dari desa," kata Endra

Ditanya mengenai berapa kuota untuk Banpres di kabupaten Mesuji,? Endra menjawab bahwa untuk kuota belum di ketahui akan tetapi data UMKM se kabupaten Mesuji kisaran kurang dari 1000  dan masih ada batasan waktu untuk desa yang mau mendaftar kan calon penerima manfaat Banpres.

"Mungkin sampai pendataan akhir nanti di kabupaten Mesuji untuk Usaha Mikro kisaran 800 san. Pendaftaran akhir akan kita kirim ke pusat Minggu pertama bulan 9 tahun 2020, jadi sekarang masih ada waktu bagi desa yang mau mendaftar calon penerima Banpres untuk UMKM melalui dinas koperindag bidang UMKM" pungkasnya (Suryadi)

Sedang Populer