Kegiatan Panen Perdana Buah Melon dan Semangka Kabupaten Pesawaran Oleh Gubernur Lampung

SHARE:

Pada hari Selasa tanggal 18 Agustus 2020, Pukul 09.00 WIB, di Holtipark Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran telah ...

globalinvestigasinews.co.id -


Pada hari Selasa tanggal 18 Agustus 2020, Pukul 09.00 WIB, di Holtipark Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran telah berlangsung Kegiatan Panen Perdana Buah Melon dan Semangka Kabupaten Pesawaran oleh Gubernur Lampung



Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain

- Gubernur Lampung (Ir. H. Arinal Djunaidi)
- Bupati ( H . Dendi Ramadhona K.St)
- Kapolda Lampung (Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto M.SI)
- Danrem 043/ Gatam (Brigjen TNI Toto Junariono)
- Komisaris Utama BUMD Pesawaran (Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S)
- Dirut BUMD Pesawaran (Ahmad Muslimin)
- Asisten II Bidang ekobang (Drs. Pathurozi)
- Ka. Bapenda (Wildan, S.E.,M.M)
- Ka. Bapedda (Fisky Virdous, S.Hut)
- Kadis Pertanian (Anca Martha Utaman S.STP, M.M,M.P)
- Kadis Ketahanan Pangan (Awaludin, S.E.,M.M)
- Kadis Perindag (Sam Herman, S.E., M.M) 
- Kadis Koperasi UMKM (Rohana Sri Hartati, S.Sos) 
- Kadis PUPR (ZAINAL FIKRI, S.T., M.M.)
- Kasat Pol PP (Drs. Effendi, M.M)
- Kadis Perhubungan (Ahmad Syafei, S.Pd, M.Pd)
- Kabag Perekonomian (Merni Litayanthi, S.E,M.M)
- Kabag SDA (Anggun Saputra, S.E., M.M)
- Camat Gedong Tataan (Drs. M. Iqbal, M.M)
- Kades Negeri Sakti (Gema Sukmajaya)
-. - PT. Superindo Lampung
- PT. Indomarco Lampung
- PT. GGP (Great Giant Penapple) Lampung
- Petani Melon & Semangka Pesawaran
- Tamu undangan LK 50 orang
- Tim Medis Puskesmas Berenung.


Adapun Susunan acara sebagai berikut

1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
3. Do'a
4. Sambutan Bupati Pesawaran
5. Pemberian Bantuan
6. Sambutan Gubernur Lampung.
7. Kegiatan Panen Di Lokasi Kebun Semangka dan Melon.
8. Ramah Tamah
9. Penutup


*Sambutan Bupati Pesawaran oleh H. Dendi Ramadhona KST Tr.IP.*

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Tabik Pun
Yang saya hormati :
Gubernur Lampung, Bapak Ir. H. Arinal Djunaidi; 
Komisaris Utama dan Direktur Utama BUMD Pesawaran, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, 
Para Pejabat Struktural dilingkungan Gedong Tataan Pemerintah Kab. Pesawaran, Jajaran Uspika Kecamatan Gedong Tataan,
Kepala Desa Negeri Sakti,
Anggota Kelompok Tani/Gapoktan Kabupaten Pesawaran serta Hadirin Yang Berbahagia.

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah dan senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya pada kita semua,  sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti Kegiatan Panen Perdana Dan Pembukaan Agrowisata Melon-Semangka Sekaligus Launching Pesawaran Trans Kawula Dan Wisata (Pesan Kita) Di Kebun Agrowisata Horti Park,   dalam keadaan sehat walafiat.
Shalawat teriring salam semoga akan selalu tercurah kepada junjungnan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya dan semoga kita akan selalu menjadi penganut sunnahnya yang setia sampai akhir zaman. Aamiin ya robbal alamin.

Hadiran Yang Berbahagia, 
Seiring dengan perkembangan zaman, konsep pembangunan pertanian saat ini tidak hanya berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan pangan semata melalui peningkatan produksi, akan tetapi sudah berorientasi kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat tani melalui peningkatan pendapatan.  Hal ini sejalan dengan Program Gubernur Lampung di Sektor Pertanian yaitu Petani Berjaya, dimana petani dituntut untuk menciptkan peluang bisnis dari usaha taninya, sehingga tidak hanya berorientasi usaha tani subsistem tetapi sekaligus berpikir skala ekonomi dari usaha tani yang dilakukannya.  Untuk itu diperlukan terobosan dalam hal pemilihan komoditas pertanian untuk dikembangkan dengan pertimbangan tingginya permintaan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Komoditas hortikultura merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi dan permintaan yang tinggi seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayur.  Tingginya permintaan terhadap buah dan sayur, tidak dibarengi dengan peningkatan produksi komoditas hortikultura di dalam negeri, sehingga produk impor buah dan sayur memenuhi pasar dalam negeri. 

Pemerintah Kabupaten Pesawaran melihat peluang usaha dari komoditas hortikultura ini, karena secara geografis dan kondisi alam sangat mendukung untuk pengembangan kawasan hortikultura, terutama bagi buah tropis, antara lain Melon dan Semangka.  Komoditas Melon dan Semangka di Provinsi Lampung saat ini di dominasi oleh tiga kabupaten, yaitu Lampung Tengah, Lampung Timur dan Kota Metro. Jika melihat potensi alam yang ada di Kabupaten Pesawaran, kita dapat meyakini bahwa Kabupaten Pesawaran dapat ikut berkontribusi kepada ketersediaan buah tropis di Provinsi Lampung bahkan bukan tidak mungkin untuk wilayah Indonesia, yang saat ini didominasi oleh petani di Pulau Jawa. 

Hadirin yang berbahagia, 
Panen Perdana dan Pembukaan Agrowisata Melon- Semangka ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal ini Dinas Pertanian dan BUMD bersama dengan kelompok tani Barokah Kresna.  Saya menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh BUMD dan Kelompok Tani Barokah Kresna dalam upaya mengembangkan komoditas hortikultura yang penanamannya sudah dimulai dari Bulan Juni, dengan luas tanam Melon seluas 1 Ha dengan varietas Rock, Golden, dan Sky, sementara luas tanam Semangka seluas 3,5 Ha yang diperkirakan produksi Melon sebesar 40-50 ton/ha dan Semangka sebesar 15 ton/ha.  Ini merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Pesawaran sebagai salah satu wilayah penghasil Melon dan Semangka dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Pesawaran.  

Dengan dimulainya partisipasi masyarakat dalam hal ini Kelompok Tani Barokah Kresna, rencana Pengembangan Kawasan Hortikultura di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan yang ditandai dengan hadirnya Agrowisata Melon  Semangka.  Di masa mendatang diharapkan akan muncul lebih banyak komoditas hortikultura lain, sehingga dari sektor pertanian Kabupaten Pesawaran tidak hanya dikenal sebagai penghasil komoditas tanaman pangan, tetapi juga penghasil komoditas hortikultura.  Tidak lupa saya mengharapkan kerjasama dari pihak ketiga untuk dapat memfasilitasi sarana produksi dan terutama pemasaran hasil petani.  

Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan selalu mendukung aktivitas yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat petani melalui bimbingan dan fasilitasi sehingga visi pembangunan di bidang Pertanian yaitu Petani yang makmur dan sejahtera serta terciptanya optimalisasi Sumberdaya Alam untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. 

Hadirin yang saya hormati,
Acara pada hari ini tidak terlepas dari peran serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Pesawaran, PT. Aneka Usaha Laba Jaya Utama, yang mana didirikan dengan tujuan sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Pesawaran  untuk menggali potensi yang ada agar dapat berkembang dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Kabupaten Pesawaran.  Core bisnis BUMD ini terutama dibidang pertanian pangan, hortikultura, pariwisata dan jasa transportasi.  Melalui BUMD, Pesawaran dengan segala potensinya terutama di bidang pertanian akan difasilitasi terutama dalam hal penyerapan hasil bumi untuk meningkatkan kesejahteraan petani.  

Selain bisnis di bidang pertanian pangan, hortikultura, pariwisata, dan transportasi, saat ini BUMD juga memproduksi Hand sanitizer dan disinfektan untuk membantu mengurangi resiko penyebaran COVID-19 terutama di wilayah Kabupaten Pesawaran.
Pada kesempatan ini BUMD Kabupaten Pesawaran juga akan melakukan  peluncuran (launching)  Pesawaran Trans Kawula dan Wisata (PESAN KITA) yang merupakan sarana transportasi umum yang diperuntukan bagi perpindahan orang dan tujuan wisata.  Diharapkan dengan peluncuran PESAN KITA ini, akan memudahkan akses bagi masyarakat terutama yang ingin mengunjungi kawasan wisata di Kabupaten Pesawaran dan berimplikasi positif terhadap kemajuan pariwisata di Kabupaten Pesawaran. 

Hadirin yang saya hormati,
Sebelum saya akhiri sambutan ini, izinkan saya untuk mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Lampung yang telah hadir bersama kita disini dan atas kesediannya untuk  meresmikan pembukaan Agrowisata Melon  Semangka sekaligus launching PESAN KITA.  
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan ridho-Nya kepada kita semua. Aamiin ya robbalalamin.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Sambutan Gubernur Lampung
Ir. H. Arinal Djunaidi

Pertama-tama, marilah kita senantiasa mengucap syukur Alhamdulillah ke hadirat
Allah SWT - Tuhan YME, atas izin dankarunia-Nya, kita masih diberi kesehatan, sehingga dapat hadir dalam Panen Perdana
Buah Melon dan Semangka.
Hadirin yang Saya hormati.
Provinsi Lampung merupakan daerah sentra produksi hortikultura. Beberapa potensi komoditas hortikultura di Provinsi Lampung
meliputi Manggis, Kelengkeng, Semangka, Melon, Buah
Naga, Salak, dan Durian), Sayuran ( Cabe,Tomat, Biofarmaka (Jahe, dan kencur ), dan tanaman
Buah-buahan (Pisang, Nenas,
Kubis, Buncis, dan Mentimun),
Hias (Krisan, sedap malam,
Gerbera, dan Anggrek). hortikultura
merupakan Komoditas
komoditas yang sangat penting dan strategis karena jenis komoditas ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang hakiki, yang
setiap saat selalu harus tersedia dalam jumlah yang cukup dengan mutu yang layak, aman dikonsumsi,
terjangkau oleh masyarakat.
dan dengan harga yang Pasar di Indonesia sangat besar, dan dari tahun ke tahun komoditi holtikultura menunjukkan kecenderungan yang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Komoditi holtikultura yang mencakup 
semua jenis buah buahan, sayuran, 
tanaman hias dan biofarmaka
mencakup sayuran, merupakan komoditi sumber pendapatan tunai
dan memenuhi persyaratan untuk 
dikembangkan.

Pengembangan holtikultura juga 
memiliki fungsi ekonomi, ekologi, dan sosial. Fungsi ekonomi yaitu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat serta penguatan perekonomian nasional, sedangkan fungsi ekologi yaitu membantu kelestarian lingkungan hidup, meminimalkan pemanasan
global, serta meningkatkan kualitas kehidupan.

Selain itu untuk fungsi sosial, yaitu
meningkatkan memelihara kearifan lokal, serta pemahaman dan
interaksi masyarakat, penghayatan
tentang manfaat hortikultura. Untuk itu amatlah tepat apabila kita bersama-sama berusaha dan berkomitmen untuk membangun dan menggali potensi hortikultura kita agar lebih optimal.

Hadirin yang Berbahagia,
Dalam rangka mengembangkan potensi hortikultura yang ada serta dalam upaya menghadapi persaingan di pasar bebas, maka
diperlukan adanya wahana yang efektif dalam memperjuangkan aspirasi kebutuhan pelaku
usaha hortikultura dan pada akhirnya dapat meningkatkan posisi tawar menawar pelaku usaha hortikultura dan memudahkan akses pemasaran produk baik di pasar domestik maupun internasional. Untuk mendukung kepentingan pelaku usaha holtikultura tersebut diperlukan sinergis antara petani/ pelaku usaha on-farm dan pelaku usaha hilir/ off- farm. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan pemberdayaan kelembagaan usaha baik di tingkat petani/ kelompok tani dan champion pedagang, yang keduanya mengarah pada posisi kesetaraan sehingga kedua belah pihak sama sama merasakan keuntungan yang sepadan melaksanakan usaha agribisnis hortikultura.

Dengan hubungan harmonis antara petani/ kelompok tani dan pedagang yang saling percaya serta beretika, memperkuat daya saing rantai pasokan.

Hadirin yang Berbahagia,
Saya sangat mendukung pemerintah kabupaten pesawaran yang tetap konsisten mengembangkan kawasan Hortipark sebagai Wisata edukasi dibidang Diharapkan kedepan, selain tanaman golden melon dan semangka juga ditanam aneka tanaman buah lainnya. Karena bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup petani, sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat
Lampung, khususnya Pesawaran.
Hortikultura.

Sebelum mengakhiri Sambutan
ini, izinkan saya menyampaikan sebuah pantun:
Tengah bulan kantong pas-pasan
Diajak jalan apalah daya
Wisata edukasi kita galakkan
Agar hortikultura maju berjaya
Demikian untuk menjadi perhatian kita bersama. Terimakasih
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Gubernur Lampung,
Arinal Djunaidi

Catatan:

1. Dalam kegiatan panen pertama buah Melon dan semangka di hortipark Gubernur Lampung memberikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 3.968 buah kepada Petani Kab. Pesawaran yang terdampak covid-19 yang terdiri dari komponen:
- Beras 5 kg
- Gula pasir 2 Kg
- Susu kental manis 2 kaleng
- Minyak goreng kemasan 2 liter satu buah

2. Gubernur Lampung dalam giat panen melon pertama sekaligus meresmikan station central (Pesan Kita) Pesawaran Trans kawula & Wisata Dan Agrowisata Hortikultural sebagai biro transportasi  Pariwisata di Kab. Pesawaran. 

3. Salah satu apresiasi Gubernur Lampung kepada kelompok tani Pesawaran memberikan alat bantuan berupa Rice transplanter Gapoktan Salahudin Desa Negeri Sakti , Cultivator dan pompa air kepada Gapoktan Barokah Kresna Desa Negeri Sakti sebagai penunjang kemajuan kelompok tani yang terdapat di salah satu Kab. Pesawaran

4. Kegiatan berjalan lancar dan tertib, selesai jam 11.00 wib

DUM

COMMENTS

Nama

03/08/2020,1,Babinsa,5,Babinsa Kratonan,1,Badan Tanggul Irigasi,1,Baksos,1,Bakti sosial,1,Bandar Lampung,1,Bandung,2,Bansos,14,Banten,3,Batam,1,BBM,1,Berita,3858,Berita Polda Jabar,1,Bhabinkamtibmas,3,Bhakti sosial,1,Binmas,1,Bisnis,1,BLT DD,6,Bogor,3,Boyolali,2,Brimob,1,Bupati,5,Cimahi,1,Covid-19,27,Dandim,2,Dandim 0117/Aceh,1,Dandim 0117/Atam,1,Danlantamal IV,1,Danramil,2,Danramil Kodim 0117/Atam,1,Danrem,4,Danrem 042,1,Demo,2,Desa,16,Desa Sentul,1,DKI Jakarta,1,DPD LSM PENJARA,1,DPRD,4,elektronik,1,Erafone,1,GAM,1,Ginews TV Investigasi.com,6,ginewstv,1,Global Investigasi News.com,20,Globalinvestigasinews.com,2423,Gotong Royong,1,GTDI BAHTERA KASIH BALOI KOLAM,1,Gubernur,4,Gubernur Jawa barat,2,handphone,1,Harganas,1,Hikmal Batam,1,Hukum amp; Kriminal,141,HUT Bhayangkara,25,HUT RI,4,Internasional,9,Istana Negara,1,Jabar,3,Jawa barat,2,Kabar Daerah,535,Kabar TNI/POLRI,1237,kades sentul,1,Kanit Provos Polsek Tumbang,1,Kapolres,2,Karhutla,1,Kasdim 0117/Atam,1,Kecamatan,5,kecamatan sungai bungkal,1,kepulauan Riau,1,Kesehatan,3,Kodim,1,Konferensi pers,1,Koramil 01/Purbalingga,1,Korban kemalingan,1,Kriminal,1,Laka Lantas,1,Lampung,2,LSM,1,Mabes Polri,1,MADO LAIA,1,Merangin,1,Mesjid Hajar Aswad Lantamal IV,1,MUI,1,Narkoba,3,Narkotika,1,Nasional,54,New normal,1,News,3,Olahraga,3,Papua barat,1,Pedagang Kaki Lima,1,pelaku usaha mikro,1,Pemerintah,5,pemerintahan,4,Pemilik SPBU syahdiah,1,Pertanian,2,Pilkada,2,PMI,1,Polda,4,Polda Jabar,1,Polda Kalbar,1,polisi,15,Politik,28,Polres,22,polres Bangka barat,1,Polres gowa,1,Polres Ketapang,1,Polres Sinjai,1,polri,11,Polsek,4,Presiden,2,Psbb,1,PT. BERKAH KARUNIA LANGGENG,4,PT. KARUNIA BERKAH LANGGENG,2438,Purbalingga,2,Puskesmas Labuan,1,Raport,2,Reward,2,Ridwan Kamil,2,RUU HIP,1,Satlantas,1,Seputar Jawa Barat,16,Serang,1,Sertijab,1,Sinjai,1,TANJUNGPINANG,1,teknologi,1,TMMD,2,TNI,7,TNI AD,3,TNI AL,1,TUFOKSI,1,UU Ruzhanul Ulum,1,Video,1,Viral,1,Wakil Bupati,2,Wakil gubernur Jawa barat,1,Way Kanan,2,Zakat,1,
ltr
item
Globalinvestigasinews.co.id: Kegiatan Panen Perdana Buah Melon dan Semangka Kabupaten Pesawaran Oleh Gubernur Lampung
Kegiatan Panen Perdana Buah Melon dan Semangka Kabupaten Pesawaran Oleh Gubernur Lampung
https://lh3.googleusercontent.com/-DlGltfiTzag/Xz8uj9S14_I/AAAAAAAAM6s/AdnotwbBRFQIqfWHBWYt2prTjUZyUC7-gCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1597975866919.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-DlGltfiTzag/Xz8uj9S14_I/AAAAAAAAM6s/AdnotwbBRFQIqfWHBWYt2prTjUZyUC7-gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1597975866919.jpeg
Globalinvestigasinews.co.id
https://www.globalinvestigasinews.co.id/2020/08/kegiatan-panen-perdana-buah-melon-dan.html
https://www.globalinvestigasinews.co.id/
https://www.globalinvestigasinews.co.id/
https://www.globalinvestigasinews.co.id/2020/08/kegiatan-panen-perdana-buah-melon-dan.html
true
5652418633197575792
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy