Libatkan Kerarifan Lokal, Kemenkes Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Jawa Tengah

SHARE:

Libatkan Kerarifan Lokal, Kemenkes Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Jawa Tengah Globalinvestigasinews.co.id Semarang, 17 September 2020 Us...

globalinvestigasinews.co.id -

Libatkan Kerarifan Lokal, Kemenkes Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Jawa Tengah

Globalinvestigasinews.co.id
Semarang, 17 September 2020
Usai melakukan kunjungan kerja di RSUP dr. Kariadi, tim task force didampingi jajaran Dinkes Provinsi Jateng melanjutkan perjalanannya ke Kantor Gubernur Jawa Tengah. Kunjungan diterima secara langsung oleh Gubernur Ganjar Pranowo yang dalam sambutannya siap melakukan upaya-upaya ekstra untuk penanganan COVID-19 di wilayahnya. 

“Kami siap menurunkan kasus positif dan angka kematian pasien COVID-19. Untuk protokol kesehatan ya nanti kami akan perkuat agar kedisiplinan masyarakat juga semakin meningkat,” kata Ganjar. 

Untuk mempercepat pengendalian penyebaran COVID-19 di Jawa Tengah, pihaknya telah membentuk tim khusus, termasuk untuk melakukan audit kematian, audit kesembuhan maupun audit lab. 

Sementara itu, berbagai pendekatan kepada masyarakat untuk terus disiplin terhadap protokol kesehatan juga terus dilakukan hingga level pemerintahan paling bawah. Termasuk melalui media sosial, saat berolahraga, maupun saat kunjungan-kunjungan ke daerah. Selain itu, Pemda Jateng juga memiliki program pengendalian COVID-19 dengan melibatkan masyarakat setempat yakni Jogo Tonggo, sebuah kearifan lokal yang sebelumnya telah ada dalam kehidupan masyarakat Jawa, kini dihidupkan kembali di masa pandemi COVID-19.

Dalam pertemuan tersebut, turut dibahas mengenai sinkronisasi data pusat dan daerah. Jajang menuturkan, siap mengkoordinasikan lebih lanjut agar kesamaan data salam sistem pelaporan, sehingga bisa menjadi dasar bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan-kebijakan pengendalian COVID-19 secara lebih tepat dan cermat. 

Rangkaian kunjungan hari pertama, berlanjut ke RSUD K.R.M.T Wongsonegoro. Dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo menegaskan hingga saat ini ketersediaan ruang isolasi di Jawa Tengah masih terbilang aman.

“Kalau di Jawa Tengah ketersediaan ruang isolasi maupun ICU, itu utilisasinya kira-kira 60% jadi ada sekitar 40% yang free bisa dipakai, jadi amanlah untuk Jawa Tengah,” kata Yuli.

Menurutnya, Kota Semarang yang notabene daerah dengan kasus COVID-19 tertinggi di Jawa Tengah pun masih banyak ruang isolasi dan ICU yang kosong, sehingga masih mencukupi untuk 2 minggu kedepan.

Ia menilai, hal ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk menyediakan fasilitas karantina di berbagai tingkatan baik kabupaten/kota, kecamatan, maupun desa. Bahkan, senada dengan yang disampaikan Gubernur Ganjar, Pemda Jateng turut melibatkan kearifan lokal khususnya masyarakat setempat dengan membuat program Jogo Tonggo (menjaga tetangga). Program ini hadir dalam rangka membantu mengurangi beban terutama memenuhi kebutuhan pokok dari warga yang isolasi mandiri di rumahnya. 

“Kita punya program Jogo Tonggo. Setiap RW menyediakan ruang isolasi, meskipun tidak semua RW ya. Jadi kita gotong royonglah kalau disini,” terangnya.

Selain penguatan dari segi hospital, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah juga melakukan penguatan pra hospital dengan terus menerus menggaungkan upaya promotif dan preventif dalam bidang pencegahanCOVID-19 utamanya mengenai kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan. 

“Kita awasi terus (protokol kesehatan). Kita setiap hari ada laporan dari RW-RW. Jadi mereka melaporkan perilaku warganya terkait ketaatan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ucap Yuli.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Susi Herawati mengungkapkan tingkat keterisian ruang isolasi COVID-19 di RS terkait justru menurun jika dibandingkan bulan sebelumnya. Dari total 127 ruang isolasi yang disiagakan baru terisi 46 tempat tidur, sementara 81 sisanya kosong. 

“Diawal kami hanya menyediakan 14 ruangan, kemudian melebarkan sayap ke ruangan-ruangan seperti Arjuna 1, Arjuna 2, Banowati dan Yudhistira,” jelasnya. 

Ruangan tersebut termasuk 12 ICU dan 1 PICU. Adapun jumlah perawat yang disiagakan untuk menanganani 4 ruangan sebanyak 320 orang. RSUD Wongsorejo juga telah mampu melakukan pemeriksaan diagnostik COVID-19 sendiri, dengan jumlah yang diperiksa sebanyak 500-600 sampel per hari.

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan Jajang Edi Priyatno mengapresiasi langkah cepat penanganan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah. Apa yang dilakukannya selama ini telah inline dengan apa yang menjadi kebijakan pusat. Menurutnya, ini langkah yang bagus dan diharapkan terus diperkuat agar pengendalian COVID-19 di Jawa Tengah bisa makin maksimal. 

“Saya kira ini sudah bagus ya, sudah on the track. Hanya perlu dilakukan penguatan-penguatan dan komitmen semua pihak agar bagaimana kasus baru bisa ditekan dan angka kematian bisa dikurangi,” terangnya. 

Ia menilai inovasi-inovasi baru untuk mengendalikan COVID-19 seperti program Jogo Tonggo adalah bentuk pendekatan baru yang efektif meningkatkan empati dan kesadaran masyarakat untuk saling membantu sesama. Ini penting mengingat COVID-19 telah menimbulkan persepsi negatif masyarakat. 

Lebih lanjut, pihaknya kembali menekankan bahwa protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak adalah kunci untuk memutus mata rantai penularan, oleh karena itu nilai-nilai ini harus terinternalisasi oleh semua pihak untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Jajang berpesan bahwa pandemi COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah pusat saja. Dibutuhkan dukungan dan kerja bersama dari seluruh pihak baik pusat dan daerah, sehingga solidaritas diantara keduanya harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu, pemerintah pusat mendorong terciptanya koordinasi yang baik serta siap memberikan dukungan logistik kesehatan jika dibutuhkan. 

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. 

(B.@.F)-

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

COMMENTS

Nama

03/08/2020,1,Babinsa,5,Babinsa Kratonan,1,Badan Tanggul Irigasi,1,Baksos,1,Bakti sosial,1,Bandar Lampung,1,Bandung,2,Bansos,14,Banten,3,Batam,1,BBM,1,Berita,3958,Berita Polda Jabar,1,Bhabinkamtibmas,3,Bhakti sosial,1,Binmas,1,Bisnis,1,BLT DD,6,Bogor,3,Boyolali,2,Brimob,1,Bupati,5,Cimahi,1,Covid-19,27,Dandim,2,Dandim 0117/Aceh,1,Dandim 0117/Atam,1,Danlantamal IV,1,Danramil,2,Danramil Kodim 0117/Atam,1,Danrem,4,Danrem 042,1,Demo,2,Desa,16,Desa Sentul,1,DKI Jakarta,1,DPD LSM PENJARA,1,DPRD,4,elektronik,1,Erafone,1,GAM,1,Ginews TV Investigasi.com,6,ginewstv,1,Global Investigasi News.com,20,Globalinvestigasinews.com,2423,Gotong Royong,1,GTDI BAHTERA KASIH BALOI KOLAM,1,Gubernur,4,Gubernur Jawa barat,2,handphone,1,Harganas,1,Hikmal Batam,1,Hukum amp; Kriminal,141,HUT Bhayangkara,25,HUT RI,4,Internasional,9,Istana Negara,1,Jabar,3,Jawa barat,2,Kabar Daerah,535,Kabar TNI/POLRI,1237,kades sentul,1,Kanit Provos Polsek Tumbang,1,Kapolres,2,Karhutla,1,Kasdim 0117/Atam,1,Kecamatan,5,kecamatan sungai bungkal,1,kepulauan Riau,1,Kesehatan,3,Kodim,1,Konferensi pers,1,Koramil 01/Purbalingga,1,Korban kemalingan,1,Kriminal,1,Laka Lantas,1,Lampung,2,LSM,1,Mabes Polri,1,MADO LAIA,1,Merangin,1,Mesjid Hajar Aswad Lantamal IV,1,MUI,1,Narkoba,3,Narkotika,1,Nasional,54,New normal,1,News,3,Olahraga,3,Papua barat,1,Pedagang Kaki Lima,1,pelaku usaha mikro,1,Pemerintah,5,pemerintahan,4,Pemilik SPBU syahdiah,1,Pertanian,2,Pilkada,2,PMI,1,Polda,4,Polda Jabar,1,Polda Kalbar,1,polisi,15,Politik,28,Polres,22,polres Bangka barat,1,Polres gowa,1,Polres Ketapang,1,Polres Sinjai,1,polri,11,Polsek,4,Presiden,2,Psbb,1,PT. BERKAH KARUNIA LANGGENG,4,PT. KARUNIA BERKAH LANGGENG,2438,Purbalingga,2,Puskesmas Labuan,1,Raport,2,Reward,2,Ridwan Kamil,2,RUU HIP,1,Satlantas,1,Seputar Jawa Barat,16,Serang,1,Sertijab,1,Sinjai,1,TANJUNGPINANG,1,teknologi,1,TMMD,2,TNI,7,TNI AD,3,TNI AL,1,TUFOKSI,1,UU Ruzhanul Ulum,1,Video,2,Viral,1,Wakil Bupati,2,Wakil gubernur Jawa barat,1,Way Kanan,2,Zakat,1,
ltr
item
Globalinvestigasinews.co.id: Libatkan Kerarifan Lokal, Kemenkes Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Jawa Tengah
Libatkan Kerarifan Lokal, Kemenkes Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Jawa Tengah
https://lh3.googleusercontent.com/-2GkFRldprQc/X2SQTGoxg7I/AAAAAAAAS-c/nI_x_QC3TuMtjszMk3-olupX14zGcTFKwCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1600425837785.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-2GkFRldprQc/X2SQTGoxg7I/AAAAAAAAS-c/nI_x_QC3TuMtjszMk3-olupX14zGcTFKwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1600425837785.jpeg
Globalinvestigasinews.co.id
https://www.globalinvestigasinews.co.id/2020/09/libatkan-kerarifan-lokal-kemenkes.html
https://www.globalinvestigasinews.co.id/
https://www.globalinvestigasinews.co.id/
https://www.globalinvestigasinews.co.id/2020/09/libatkan-kerarifan-lokal-kemenkes.html
true
5652418633197575792
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy