RAT Inkowapi Ke 20: Strategi Koperasi di Masa Pandemi Covid-19 dan Posisi Koperasi Pasca Pengesahan Undang-Undang Omnibuslaw Cipta Kerja -->
POPULER

RAT Inkowapi Ke 20: Strategi Koperasi di Masa Pandemi Covid-19 dan Posisi Koperasi Pasca Pengesahan Undang-Undang Omnibuslaw Cipta Kerja

Minggu, 27 Desember 2020, 08.21 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



RAT Inkowapi Ke-20
Senin 14 Desember 2020.

globalinbestigasinews.com

DSH Jambi - RAT INKOWAPI (Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia) dengan Thema : Strategi Koperasi di Masa Pandemi Covid-19 dan Posisi Koperasi Pasca Pengesahan Undang-Undang Omnibuslaw Cipta Kerja.
Dilaksanakan secara Live Zoom dan dihadiri :
Menteri Koperasi & UMKM. RI. Drs. Teten Masduki.
Ketua Umum Kadin Indonesia, Roslan Roeslani.
Ketua Umum Dekopin, Drs.H.A.M. Nurdin Halid.

RAT kalu ini diikuti oleh Pengurus Puskowapi dan Anggota di seluruh Indonesia kira-kira 300 peserta.

Dalam Laporannya Ketua Umum Inkowapi, Ir. Sharmila, M.Si melaporkan  Total Asset 18.3 M dan SHU 6 M. Serta di rencanakan Program-program kedepan antara lain :                         
1. Inkowapi Go Digital. Pada saat pandemi covid-19 masyarakat 70% menggunakan jasa digital dalam berinteraksi sosialnya.                
2. Adanya satu Produk Unggulan untuk exsport dan substitusinya terutama Spesial Food.                      
3. Akan dibentuk dan difasilitasi pendirian 2.000.000 warung berbasis food.          
Rencana ini tentu sangat diapresiasi oleh para anggota.         

Menurut Ketua Umum Dekopin, Drs. H.A.M. Nurdin Halid. Inkowapi harus terus bergerak ditengah pandemi covid-19 dengan tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan usahanya. Dan program-program bantuan yang ada di Dekopin dapat  diterapkan pada anggota Inkowapi. Setelah Undang-undang Cipta Kerja disahkan diharapkan Inkowapi semakin berkembang sehingga dapat menopang soko guru perekonomian Indonesia.             
Sedangkan menurut Ketua Kadin Indonesia, Roslan Roeslani, Inkowapi dan Kadin dapat bersinergi dengan bekerja sama dengan anggota Kadin terutama yang bergerak dibidang food dengan permintaan yang banyak.               

Sedangkan menurut Ketua Umum Dekopin, Drs.H.A.M. Nurdin Halid, keberadaan Inkowapi sangat diperlukan untuk pemberdayaan wanita pengusaha dakam wadah Koperasi yang terus menerus disuport dan di kembangkan karena dapat menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan.         

Menurut Nara Sumber Ruly Nuryanto, keberadaan Inkowapi di tengah  pandemi covid-19 harus bergerak sebagai ekonomi kerakyatan yang melibatkan banyak warga dengan wadah kopetasi.    Koperasi yang tangguh harus kuat secara kelembagaan sehat dan mandiri.   

Karena covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat, tetapi selaku anggota Koperasi UMKM seharusnya tetap  memperhatikan : 

1. Tetap peduli kesehatan dalam berbisnis.            

2. Menurunkan mobilitas kegiatan diluar rumah.       

3. Belanja secara online.            

4. Memperhatikan delivery.            
5. Meningkatkan home shopping.        

Perlu menampung usaha-usaha baru dengan Go Digital guna beradaptasi dengan Teknologi Digital untuk menghasilkan pelayanan yang baik.                     

Menurut Badan Pengawas Internal Koperasi, RAT Inkowapi kali ini sangat spesial karena langsung dihadiri para pemangku kebijakan seperti Menteri Koperasi dan UMKM. Tidak ada masalah dalam Laporan kali ini. Yang perlu di tingkatkan adalah upaya-upaya kreatif di masa depan.                     

Ketua Puskowapi Prop. Jambi Hj. Farida Usman, SE beserta jajaran Pengurus dan Anggota mengikuti  RAT ini di Hotel Matahari 1 Jambi.  

Beliau mengatakan mendukung Program-program Inkowapi Pusat. Program-program yang akan dilakukan Puskowapi Prop. Jambi al :                 

1. Akan membentuk Puskowapi di semua Kabupaten Kota hingga pembentukan Koperasi wanita sampai ke Kelurahan/Desa.     

2. Menerapkan Go Digital seperti Live Zoom tiap hari Senin langsung dari Inkowapi Pusat.                     

3. Menampilkan satu produk unggulan Kayu Manis sebagai satu produk yang khas Propinsi Jambi.                   

4. Mengadakan pelatihan dan pendampingan pada Koperasi dampai tingkat desa.                    
Pada RAT ke-20 Anggota menyetujui Laporan Ketua Umum Inkowapi.

Sedang Populer