Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Desa Batunyala Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi
POPULER

Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Desa Batunyala Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi

Minggu, 31 Januari 2021, 15.22 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



Antisipasi Serangan Hama, Babinsa Desa Batunyala Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi

Lombok Tengah, NTB - Globalinvestigasinews.com

Serka Herman, anggota Koramil 1620-01/Praya yang menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Batunyala Kec Praya Tengah, hari ini mendampingi warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Patuh entan
Dusun Bongor Desa Batunyala Kec Praya Tengah kabupaten Lombok Tengah, Minggu (31/01/2021).

Danramil 1620-01/Praya Kapten Inf Lukman mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah wujud kepedulian dan tanggung jawabnya sebagai komandan koramil untuk memerintahkan anggota Babinsa nya supaya membantu masyarakat petani agar para warga di wilayah binaan sukses dalam bertani.

"Penyemprotan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya serangan hama atau penyakit pada tanaman padi milik kelompok tani Patuh entan di atas lahan seluas 1,5 ha dan sekaligus untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan selanjutnya padi dapat tumbuh dengan maksimal dan memperolah hasil panen yang melimpah," terangnya. 

Selain itu, Kapten Lukman menjelaskan bahwa penanggulangan hama padi umumnya dengan menggunakan cara kimiawi yakni pestisida. Hama padi seperti belalang maupun ulat adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang maksimal dalam budi daya padi sawah, karna itu Penyemprotan tanaman padi dan membersihkan gulma sangat besar sekali pengaruhnya terhadap hasil panen.

Selain hama lanjutnya,  para petani juga harus mewaspadai adanya serangan tikus. Babinsa juga menghimbau Para petani untuk melakukan penyemprotan, agar hama maupun tikus tidak merusak padi

"Aktifnya para Bintara Pembina Desa dalam melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap para petani di wilayah binaan diharapkan bisa lebih mendorong para petani untuk giat dan semangat bekerja sehingga hasil panen pun bisa berlimpah guna terwujudnya program pemerintah yaitu swasembada pangan nasional," pungkasnya.
( Kamto)

Sedang Populer