Pulang Merantau, Antonius Kembali Ke Kampung Halaman Dan Menjadi Petani Porang
POPULER

Pulang Merantau, Antonius Kembali Ke Kampung Halaman Dan Menjadi Petani Porang

Minggu, 31 Januari 2021, 17.14 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



Pulang Merantau, Antonius Kembali Ke Kampung Halaman Dan Menjadi Petani Porang

Mus-Global
Minggu,31/1/2021

Laga Lete SBD - GlobalInvestigasinews.Com

Ketika media mengunjungi kediaman Antonius yang di dampingi ayah kandungnya, kami sempat melihat tumbuhan porang dikebunnya, di desa Laga Lete kecamatan Wewewa Barat Sumba Barat Daya NTT terlihat dengan jelas tanaman porang yang tumbuh subur, Minggu 31/1/2021.

Antonius bersama ayahnya menuturkan "Kami tanam porang ini tergiur dengan harga yang cukup bagus tujuannya adalah hasil tanam porang nantinya dapat membiyai anak-anak sekolah dan sekaligus untuk kebutuhan keluaraga karena saat ini tanaman Porang cukup populer di tengah masyarakat.

Pasalnya mencoba bercocok tanam jenis Porang di lahan kurang lebih 4 hektare. "Awalnya saya mendengar dari teman, bahwa tanaman Porang atau istilah orang Sumba sejenis tanaman liat Gadung kini mulai laku dipasaran bahkan harganya pun cukup fantastis,"kata Antonius

Dikatakan Antonius Dalam beberapa bulan ini tanaman Porang di wilayahnya baru pertama kali karena tergantung dari kondisi wilayahnya. Tapi jika kondisi tanahnya subur, bisa jadi tanaman porang akan subur.

Ia mengatakan lagi, "teknik penanaman Porang ini kami kira sulit, tetapi mudah juga karena sifatnya hanya mengandalkan air yang cukup dan tentunya pupuk organik. Untuk perawatan, sebenarnya tidaklah rumit, akan tetapi memang untuk harga bibitnya sendiri lumayan mahal,” ungkap Antonius

Menurut Antonius Kegiatan program unggulan penanaman Porang adalah dalam rangka mensukseskan Program Ketahanan Pangan untuk membangun dan mengembangkan Program Unggulan yang dimaksud. 

Ditambahkan lagi, agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan nantinya bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam pemamfaatkan lahan kosong tentang Program unggulan Penanaman Porang ini.

Harapannya, Selain dari penanaman Padi,juga harus mengajak masyarakat untuk memamfaatkan lahan kosong untuk di tanami berbagai jenis tanaman seperti saat ini lahan bisa ditanami Porang yg bermanfaat yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi  masyarakat.

"Kami juga berharap ada perhatian pemerintah agar petani porang yang ada di desa-desa maupun kampung-kampung yang ada di wilayah Sumba Barat Daya mendapatkan bantuan bibit porang dan pupuk,sehingga tanaman porang tumbuh bagus dan baik,"pungkas Antonius

Sedang Populer