Warga Dusun Kemek Desa Ranggata Kecamatan Praya Barat Daya Menjadi Langganan Banjir Disetiap Musim Hujan -->
POPULER

Warga Dusun Kemek Desa Ranggata Kecamatan Praya Barat Daya Menjadi Langganan Banjir Disetiap Musim Hujan

Senin, 11 Januari 2021, 10.47 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



Warga Dusun Kemek Desa Ranggata Kecamatan Praya Barat Daya Menjadi Langganan Banjir Disetiap Musim Hujan

Ranggagata NTB - Globalinvestigasinews.com
11-01-2021

Akibat hujan lebat yang terjadi pada hari minggu 10-01-202, menyebabkan meluapnya air sungai Dusun Kemek yang  mengakibatkan sekitar 20 KK rumah warga di wilayah Dusun Kemek Desa Ranggagata Kec. Praya Barat Daya Kab. Loteng terendam banjir setinggi sekitar 100 CM. (10-1-2021)

Wilayah Dusun Kemek menjadi langganan banjir disetiap musim hujan dan banjir kali ini tidak ada korban jiwa hanya merendam rumah, barang barang didalam rumah dan tanaman padi di persawahan. Dan tinggi air setinggi kurang lebih 100 cm.Tutur Gufran Ketua BKD Ranggagata 

Sudah sering kita usulkan ke Pemeritah Kabupaten dan Provinsi atau BWS,  agar dilakukan penanggulan di bibir sungai Dusun Kemek,  tapi Maaf hingga peristiwa ini terjadi lagi tidak pernah direspon oleh para pihak terkait.
"Nanti kami diperhatikan kalau ada kegiatan pesta politik. Ataukah menunggu nanti ada korban jiwa,  ataukah kami akan demo dulu baru akan diperhatikan" keluh Tokoh dan warga setempat!!!

Muhamad Haekal Kades Ranggagata mengatakan 
Langkah kedepan   yang akan dilakukan adalah mencoba membuat proposal lagi untuk meminta kepada Pemerintah atau BWS agar memberikan program buat desa kami,  agar di berikan bantuan perbaikan dan penalutan sepanjang saluran sungai  Dusun Kemek yang memang sudah mengecil, dangkal akibat dari sidimentasinya yang tinggi. Sehingga hal itulah salah satu yang menyembabkan air naik di setiap musim hujan dan menyebabkan banjir tutur Kades.

Lanjut kata Kades Semoga apa yang kami usulkan nanti bisa di realisasi,  karena masyarakat  sangat mengaharapkan itu,  terutama untuk dua dusun yang selalu menjadi langganan banjir yakni Dusun Ranggagata dan Dusun Kemek. Sebab kalau mau mengharapakan anggaran dari dana ADD/DD untuk diaggarkan maka  tidak akan mampu untuk itu Harapnya

Kades juga menghimbau kepada semua masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan  dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, karena  akan menyebabkan  saluran-saluran tersumbat. Dan tanpa kesadaran dari masyarakat sendiri,  Pemdes juga tidak akan bisa ber buat banyak. Tegas Kades (Mts)

Sedang Populer