Malleefowl, Burung dengan Sarang Terbesar di Dunia

Malleefowl memang bukan burung terbesar di dunia, namun burung ini memiliki sarang paling besar diantara semua burung yang ada di dunia. Ini hanya salah satu keunikan yang informasinya kami dapat dari kacer.co.id, tentu ada banyak keunikan lain yang dimiliki.

Jika dilihat dari ukurannya, burung ini lumayan besar karena hampir menyerupai ayam kampung. Ekornya yang panjang dengan postur tubuh hampir rata sempurna menjadikannya mudah dikenali. Ukuran kepalanya sangat kecil dibandingkan besar tubuhnya.

Perlu diketahui, burung yang unik ini bukanlah endemik Indonesia, melainkan Australia. Namun demikian, tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih jauh mengenai burung dengan nama lain Leipoa ocellata ini, mulai dari ciri khas, habitat, hingga makanannya.

Ciri Khas Burung Malleefowl

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan hampir mirip seperti ayam, namun burung Malleefowl bukanlah kerabat dari unggas tersebut. Tetapi ada kemiripan diantara keduanya, yakni sama-sama tidak bisa terbang meskipun memiliki sayap.

Selain ukurannya yang besar, cili lain dapat dilihat dari warna bulunya yang hampir semuanya gelap. Warna yang dimaksud adalah cokelat dengan loreng putih kusam di bagian tubuh dan sayapnya. Jika dilihat sekilas, warna bulu dari burung ini mirip sekali dengan ular piton.

Kebiasaan di Alam Liar

Setiap burung memiliki karakter masing-masing yang membedakan antara satu dengan lainnya. Malleefowl termasuk burung yang pemalu dan jauh dari kata agresif. Burung ini juga dikenal sangat waspada terhadap ancaman dan solidaritas nya cukup tinggi.

Ketika kondisinya terancam, dia tidak akan bergerak maupun bersuara. Ini dianggapnya lebih aman karena warna bulunya senada degan tanah sehingga tidak mudah dikenali. Namun dalam kondisi terdesak, Malleefowl bisa melompat tinggi untuk menghindari predator.

Baca Juga :   Calvin Kizana Resmi Menjadi Pemimpin WhatsApp Indonesia

Habitat Burung Malleefowl

Seperti yang diketahui, Malleefowl bukanlah dari Indonesia, melainkan dari Australia. Dia sering dijumpai di alam liar yang bertanah kering dan bersemak. Ada tiga wilayah persebaran yang sering dijumpai, pertama di cekungan Murray-Murrumbidgee.

Burung ini juga sering ditemui di Spencer yang berada di pinggiran Gunung Simpson. Sedangkan wilayah ketiga yang banyak dijumpai adalah di bagian Barat Daya Australia. Meski demikian, di beberapa daerah lain juga kerap ditemui, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Keunikan Malleefowl

Bentuk yang seperti ayam bukanlah satu-satunya keunikan Malleefowl. Selain itu, burung ini juga memiliki sarang yang sangat besar ketika akan bertelur. Bahkan saking besarnya, sarang tersebut dinobatkan menjadi yang terbesar di seluruh dunia diantara burung lainnya.

Bagaimana tidak, sarang yang dimaksud bisa mencapai diameter 3 meter dan kedalaman 1 meter. Karena tidak bisa terbang, Malleefowl membuat sarang di tanah diantara pepohonan supaya telurnya terlindungi.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu burung yang memiliki keunikan dari sarang yang besar. Sayangnya, anda tidak bisa menjumpai langsung burung Malleefowl ini karena bukan endemik asli Indonesia.