Mengenal Aksara Bali, Sejarah dan Karakteristik

Telah ada perlengkapan untuk Kamu yang mau translate aksara Bali Undiksha ke graf Latin serta kebalikannya memakai keyboard QWERTY.

Maanfaatkan bahasa Bali cocok maksudnya buat terjemahkan aksara Bali yang lebih cermat. Kamu dapat membuka translate bahasa Bali online buat menerjemahkan bacaan bahasa Indonesia ke bahasa Bali.

Janganlah kurang ingat buat mengunduh font aksara Bali serta menginstalnya bila bernazar memindahkan bacaan aksara Bali supaya tidak tampak kotak- kotak.

Sejarah Aksara Bali

Aksara Bali merupakan abugida yang dengan cara biasa banyak dipakai di Pulau Bali, Indonesia. Dengan sebagian adaptasi, aksara itu pula dipakai buat menulis bahasa Sasak, yang dipakai di Lombok.

Aksara ini ialah anak aksara Brahmi, alhasil mempunyai kesamaan dengan aksara lain di Asia Selatan serta Asia Tenggara. Aksara Bali, bersama dengan aksara Jawa, dikira yang sangat kompleks serta berornamen.

Walaupun pemakaian aksara Bali dalam aktivitas tiap hari sudah digantikan oleh alfabet Latin, aksara ini mempunyai kebiasaan yang penting di banyak seremoni konvensional serta terpaut akrab dengan agama Hindu. Aksara ini dipakai buat memindahkan dokumen melempar yang bermuatan teks- teks keimanan.

Karakteristik Aksara Bali

Aksara Bali Swalalita mempunyai 47 graf yang menggantikan kaum tutur dengan bunyi bawaan atau a atau ataupun atauə atau di akhir perkataan serta berganti terkait diakritik di dekat graf itu.

Bahasa Bali asli ditulis dengan 18 aksara konsonan serta 9 aksara bunyi, sebaliknya alih aksara Sansekerta serta Jawa Kuno memakai set komplit. Selengkap graf yang dicocokkan pula dipakai buat menulis bahasa Sasak.

Beberapa kepribadian bonus yang dikenal dipakai sealur dalam bacaan dipelajari serta kepribadian itu diharapkan hendak diusulkan jadi perpanjangan Bali pada sesuatu dikala.

Baca Juga :   Malleefowl, Burung dengan Sarang Terbesar di Dunia

Gantungan

elain aksara penting, ada cantolan aksara Bali yang mempunyai guna mendekati dengan sandangan dalam aksara Jawa. Metode menulis aksara Bali ini telah tampak nyata pada lukisan.

Mudah- mudahan perlengkapan translate aksara Bali ini bisa memudahkan penataran Kamu. Untuk informasi lebih lanjut dan mengetahui aplikasi terbaik, silahkan kunjungi kompiwin.com.